logo whatsapp
Layanan Pelanggan: (031) 7490020

Berita & Artikel

Jenis Plastik yang Aman untuk Makanan

11 July 2017

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Hendak Membeli Wadah Plastik

Saat ini hampir seluruh rumah tangga memiliki wadah plastik untuk kebutuhan konsumsi makanan maupun minuman sehari-hari. Mengapa banyak orang gemar menggunakan wadah plastik? Tentu alasannya akrena lebih ringan, praktis, dan mudah dibawa kemana saja. Sehingga banyak dari pengguna gemar mengoleksi berbagai macam wadah plastik. Sebut saja beberapa kebutuhan yang bisa diatasi dengan wadah plastik, seperti wadah untuk bekal, tempat minum, meletakkan aksesoris, dan masih banyak lainnya.

Namun ingat, Anda perlu waspada saat memakai wadah yang berbahan dasar plastik, terlebih jika digunakan untuk keperluan makanan. Wadah plastik yang dibuat dari berbagai bahan kimia tentu akan sangat mudah bereaksi saat terjadi perubahan suhu disekitarnya. Pada saat Anda sedang meletakkan makanan ke dalam wadah tersebut, kemudian mengonsumsi makanan tersebut, maka berbagai ikatan kimia akan terakumulasi ke dalam tubuh kemudian bisa menyebabkan kanker.

Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir karena jika Anda memakai wadah plastik dengan cara yang benar, lalu Anda juga memahami apa saja jenis plastik yang aman dipakai sebagai wadah makanan, maka risiko ini tentu akan semakin kecil terjadi. Coba pertimbangkan memilih wadah plastik dengan beberapa poin berikut ini.

Pertama, Anda bisa melihat dari jenis makanan yang akan disimpan. Beberapa jenis makanan tentu bisa memicu larutnya komponen plastik ke dalam makanan tersebut. Jenis makanan yang paling riskan bisa memicu reaksi migrasi tersebut ialah makanan yang mengandung lemak dan sifatnya asam, misalnya acar, rending, atau gulai.

Kedua, coba perhatikan berapa lama kontak antara wadah plastik tersebut dengan makanan. Lamanya tentu akan memengaruhi perpindahan komponen plastik ke dalam makanan. Biasanya semakin lama makanan tersebut kontak dengan wadah yang dibuat dari plastik, maka komponen plastik yang berpindah ke dalam makanan tersebut juga akan semakin banyak.

Ketiga, Anda juga perlu memerhatikan suhu makanan. Semakin tinggi suhu makanan tersebut, maka komponen plastik yang berpindah ke dalam makanan tersebut juga akan semakin cepat. Walau Anda sudah yakin bahwa plastik tersebut telah aman dipakai, tetap saja Anda harus menghindari penggunaan peralatan plastik untuk makanan dengan suhu tinggi. Kemudian, jangan pernah memanaskan makanan dengan memakai wadah plastik di microwave. Sebenarnya boleh saja, namun pilih wadah plastik yang memang sudah memiliki tulisan aman digunakan di microwave.

Anda juga perlu memerhatikan bagian wadah plastik yang akan dipakai. Coba lihat symbol segitiga berisi angka dari 1, 2, 3, dan seterusnya, yang tertera. Angka-angka tersebut menunjukkan tingkat keamanan produk plastik yang dipakai. Berikut ini merupakan beberapa tingkatan keamanan wadah plastik yang perlu diperhatikan.

1.PET atau PETE (Polyethylene Etilen Terephalate)

    Tingkat keamanan: Baik

      Plastik ini memiliki beberapa ciri seperti bentuknya tipis dan tampilannya yang jernih. Biasanya dipakai untuk pembuatan botol jus, air mineral, dan beberapa jenis makanan lainnya.

      2.HDPE (High Density Polyethylene)

      Tingkat keamanan: Baik

      Biasanya digunakan sebagai botol minuman, botol susu, tupperware, galon, dan lainnya.

      3.PVJ (Polyvinyl Chloride)

      Tingkat keamanan: Buruk

      Plastik ini paling sulit didaur ulang, kemudian tidak baik digunakan sebagai wadah makanan atau minuman, apalagi bila bersuhu tinggi.

      4.LDPE (Low Density Polyethylene)

      Tingkat keamanan: Baik

      Plastik ini aman digunakan untuk tempat makanan, namun tidak seamanan PETE, PET, dan HDPE.

      5.PP (PolyPropylene)

      Tingkat keamanan: Baik

      Plastik jenis ini merupakan jenis bahan yang paling baik digunakan untuk meletakkan makanan atau minuman. Bahkan juga aman digunakan sebagai perlengkapan bayi.

      6.PS (Polystyrene)

      Tingkat keamanan: Buruk

      Bahan ini sering digunakan dalam styrofoam, wadah sekali pakai, dan lainnya. Bahan jenis ini akan langsung bereaksi dan mengeluarkan bahan kimia ketika bersentuhan dengan makanan dan minuman, sehingga tidak dianjurkan digunakan untuk menyimpan makanan.

Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak memilih wadah plastik. Ingat, sesuaikan wadah plastik yang ingin digunakan dengan kebutuhan Anda.

Sumber:

http://ud-adhika.com/dnews/110009/tips-memilih-wadah-plastik-yang-aman-untuk-makanan.html

http://www.apakabardunia.com/2012/04/tips-memilih-wadah-plastik-yang-aman.html

SHARE  /  FACEBOOK  /  GOOGLE PLUS  /  TWITTER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ataupun pertanyaan lainnya, kami siap membantu!

Silahkan mengisi data anda di bawah, dan staf perabotplastik.com akan menghubungi anda...
small wa logo  Click To Chat Via Whatsapp